Rukun Islam Ada 5 Macam Dan Pengertian Zakat Lengkap


Judul : Rukun Islam Ada 5 Macam Dan Pengertian Zakat Lengkap
link : Rukun Islam Ada 5 Macam Dan Pengertian Zakat Lengkap


Rukun Islam Ada 5 Macam Dan Pengertian Zakat Lengkap

Assalamu;alaikum Wr. Wb .Halaman ini  menyajikan artikel perihal agama islam perihal rukun islam ada 5 macam   dan  pengertian Zakat  lenkap dan   bank soal .Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga mempunyai kegunaan untukmelatih siswa dalam mengerjakan soal . Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah .
          Rukun isal ada 51. Membaca dua kalimah Syahadat
2. Mengerjakan syolat 5 waktu
3. Melaksanakan Zakat
4. Mengejakan Puasa di bulan puasa
5. Menunaikan Haji di baitullah

 PENGERTIAN ZAKAT
1. Arti Zakat
   Zakat berdasarkan bahasa berarti Penyucian,pertambahan. Dalam fatwa islam, Zakat ialah mengeluarkan sebagian garta kepada yang berhak menerimanya apabila sudah hingga Nisab. Nisab ialah kadar atau ukuran dari hatra benda yang akan dizakati.
   Zakat bertujuan untuk membersihkan harta yang kita miliki. Tujuannya semoga mendapat berkah dari yang memberi rezeki,yaitu Allah Swt. Di dalam setiap harta yang kita miliki, ada hak bagi orang fakir dan miskin. Untuk itu, harta benda yang kita miliki semoga bermanfaat dan berkah harus dikeluarkan zakatnya, Allah Swt. berfirman dalam surah at- Taubah ayat 103.

   Atrinya :
   "Ambillah zakat dari harta mereka,guna membersihkan dan mensucikan merika,dan berdoa untuk mereka. Allah Maha Mendengar,Maha Mengetahui,(Q.S.at- Taubah /9 : 109

1. Hukum Zakat
   Zakat merupakan bab rukun islam yang lima . Zakat aturan fardu ain bagi orang yang mempunyai harta cukup, Zakat mulai diwajibkan bagi umat islam pada tahun kedua hijriah.

   Setiap orang yng harta bendanya sudah hingga nisab ,wajib mengeluarkan zakat. Jika beliau tidak mengeluarkan zakat,berarti beliau melanggar perintah dan berutang kepada Allah Swt.

   Zakat dimasukkan untuk membantu orang-orang yang lemah ekonominya (kaum Duafa). Dengan zakat, hidup lebih sejahtra . Nabi Muhammad Saw menyuruh umatnya ogar saling menolong dalam hal kebaikan. Oleh alasannya ialah itu, Umat islam yang bisa harus mengeluarkan zakat.

b. Macam-macam zakat
   Secara garis besar, zakat di bagi menjadi dua,yaitu zakat mal dan zaat pitrah. Arti zakat mal adlah zakat harta benda,yaitu zakat yang dikeluarkan alasannya ialah mempunyai harta yang wajib dizakati. Zakat yang wajib dizakati ialah harta yang mengalami pertambahan setiap tahunnya . Artinya, harta tersebut setiap tahun bertambah sehingga mendatangkan laba bagi pemiliknya.

   Adapun jenis-jenis harta yang dizakati adalah  benatang ternak,emas dan perak ,hasil pertanian,hasil perdagangan, dan rikaz  atau barang temuan.

1. BinatangTernak
Jenis hewan ternak yang wajib dizakati,antara lain Unta,sapi/kerbau serta kambing atau domba atai biri-biri. Binatang-binatang tersebut wajib di zakatiapa bila sudah sam pai nisab. Nisab hewan ternak yang wajib di zakati ialah sebagai berikut .
Binatang ....Nasab....Zakat
1. Unta,         5 ekor,   1 ekor kambing umur 2 tahun lebih
2. Sapi/kerbau,  30 ekor , 1 ekor sapi/ kerbau umur 2 tahun lebih
3. Kambing,      40 ekor   1 ekor kambing umur 2 tahun lebih

2. Emas dan Perak
Emas dan perak termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakat. Zakat tersebut dikeluarkan apabila emas dan perak tersebut sudah hingga nisab dansudah disimpan selama satu tahun. Nisab Emas ialah 94 gram danZakatnya sebesar 2,5 % nya, Sedangkan nisab perak ialah 624 gram  dan zakatnya  juga sebanyak 2,5 % nya.

3. Hasil Partanian
   Hasil pertanian yang wajib dikeluarkan zakatnya sebagai berikut.
a. Biji-bijian yang menjadi masakan pokok masyarakat, Seperti padi, jagung dan gandum.
b. Buah-buahan , menyerupai anggur dan kurma. Nisab harta dari hasil pertanian ialah ketika mencapai 930 liter. Zakatnya dibayarkan setiap panen . Jumlah zakat yang harus di bayarkan  dari hasil pertanian tergantung bagai mana pengairannya .
Jika sawah tersebut diairi  dengan air sungai  atau air hujan  yang tidak mengeluarkan biaya , besar zakat yang harus dikeluarkan adalah  10 % . Akan tetapi ,Jika sawah diairi dengan irigasi yang memerlukan biaya ,zakatnya sebesar 5 %

4. Hasil Perdagangan
Hasil perdagangan ialah harta yang diperoleh dari perjuangan perdagangan atau perniagaan , menyerupai perdagangan  kain , sembako,danbahan matrial. Nisab harta perdagangan sama dengan nisab emas dan perak. Besar zakat yang harus dikeluarkan juga sama , yakni 2,5 % Zakat hasil perdagangan dikeluarkan setiap tahun.

5. Rikaz atau Barang Temuan
Rikaz atau barang temuan ialah barang berharga yang ditemukan alasannya ialah terpendam,seperti barang tambang. Barang temuan wajib di dikeluarkan zakat,yaitu pada dikala barang tewsebut ditemukan. besar zakatnya adalah  20 %.


Zakat Fitrah
Pembahasan mengenai zakat fitrah mencakup arti dan aturan zakat fitrah, Sarat wajib zakat fitrah, waktu pembayaranzakat fitra, sera jenis dan jumlahnya harta yang dikeluarkan zakatnya.

1. Arti dan aturan Zakat Fitrah
Zakat fitrah ialah zakat yang dikeluarkan oleh setiap umat islam pada selesai bulan Ramadhan. Zakat fitrah disebut jga zakat jiwa atau zakat nafs. Tujuannya untuk mencucukan jiwa setiap muslim dan untuk menympurnakan puasa Romadan. Dengan demikian ,zakat fitrah ini bekerjasama denag pelaksanaan puasa bulan Ramadan.Orang yang berpuasa tetapi tidak mengeluarkan zakat padahal beliau bisa maka tidak tepat puasanya.
 
 Hukum zakat fitrah  ialah wajib setiap umat islam ,mulai yang masih bayi hingga sudah dewasa. Bagi yang masih bayi  atau belum dewasa ,  orangtuanya yang berkewajiban membayar zakat fitrah. Demikian juga bagi orang cendekia balig cukup akal yang belum mempunyai penghasilan, yangwajib memayarkan zakat fitrah ialah yang menanggung kehidupannya.

2. SyaratWajib Zakat Fitrah
   Orang yang wajib mengeluarkan zakat fitrah harus memenuhi syarat , yaitu sebagai berikut.
a. Beragama Islam  (muslim)
b. Lahir atau masih hidup  hingga terbenammya matahari pada penghabisan bulan Ramadan
c. Memiliki kelebihan harta , baik untuk dirinya sendiri  maupun untuk keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

3. Waktu Pembayaran Zakat Fitrah
Waktu pembayaran zakat fitrah ialah pada selesai bulan bulan mulia dan sebelum pelasananan solat Idulfitri. Namun zakat fitrah juga dikeluarkan pada awal atau pertengahan bulan mulia ,tetapi dilarang dibayarkan sebelum datangnya bulan Ramadan. Waktu yang paling  utama untuk membayar zakat fitrah ialah malam terakhir bulan Ramadan.

4. Jenis dan Jumlah Harta yang Dikeluarkan
Jenis harta yang dipakai untuk membayar zakat fitrah ialah masakan pokokn atau masakan yang mengennyangkan berdasarkan masyarakat setempat, menyerupai beras ,jagung,gandum dan sagu . Jumlah zakat fitrah yang harus dibayarkan sebanyak 3,5 liter atau 2,5 kg untuk setiap jiwa atau orang . hal nin sesuai dengan hadis Nabi Saw yang berbuni  artinya sebagai berikut .

Artinya :
"Dari Ibnu Umar beliau berkata, Rosulullah Saw . Mewajubkan zakat fitra pada bulan bulan mulia sebanyak satu sa'(2,5 kg atau 3,5 liter) Kurma atau gandum atas tiap-tiap orang muslim merdeka atau hamba, Laki-laki atau perempuan(H.R. Muslim: 1653) Pada masa kini , banyak umat islam yang membayar zakat bukan dengan materi masakan , tetapi mengunakan dengan uang.hal ini dibolehkan, asalkan jumlah uang yang dibayarkan sama nilainya dengan materi makianan tersebut.


Orang yanh Berhak Menerima Zakat
   Orang yang berhak mendapatkan zakat disebut dengan mustahik. Siapa saja yang termasuk mustahik ini di jelaskan oleh Allah dalam surah at- Taubah ayat 60 yang berbunyi :

Artinya:
   Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir,miskin,amil zakat,yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang , untuk jalan Allah. Allah Maha Mengetahui,mahabijaksana . (Q.S. at- Taubah/9 :60 )

   Dari ayat diatas, para mustahik zakat berjumlah delapan kelompok atau asnaf. mereka ialah sebagai berikut.

1. Fakir
Fakir ialah orang yang tidak mempunyai pekerjaan tetap.penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

2. Miskin
Miskin ialah orang yang mempunyai pekerjaan tetap., tetapi karenanya tidak cukup untuk memnenuhi kebutuhan pokok hidupnya  sehari- hari.

3. Amil
Amil ialah orang-orang yang terlibat dalam panitia zakat. Mereka ini mempunyai kiprah mengumpulkan  zakat dan membagikan    kepada para mustahik.

4. Mualaf
Mualaf ialah orang-orang yang masih lemah imannya . Mereka yang temasuk mualaf  ialah orang yang gres masuk islam    sehingga perlu di perhatikan, semoga keimanan dan keislamnnya bertambah kuat.

5. Riqab
Rigab ialah budak atau hamba sahaya, yakni mereka yang hidupnya berada dalam kekuasaan tuannya. Pada masa sekara ng    budak tidak ada lagi.

6. Garim
Garim ialah orang yang mempunyai banyak hutang . Mereka ini beruntung alasannya ialah dipakai untuk mencukupi kebutuhan hidup    dirinya dan keluarganya. Orang yang banyak berutang ,tetapi untuk kemaksiatan ,tidak berhak mendapatkan zakat.

7. Sabililah
Sabilillah berartijalan Allah. Termasuk sabillah ialah orang-orang yang berjuang untuk kepentingan agama islam .    Lembaga-lembaga Islam , menyerupai masjid dan sekolah Islam juga termasuk sabilillah.

8. Ibnu Sabil
Secara bahasa ibnu sabil berarti anak jalan, maksutnya para musafir yang sedang melaksanakan perjalanan untuk    kebaikan,seperti menuntut ilmu dan berdakwah . Jika mereka kehabisan bekal dalam perjalanan, mereka berhak mendapatkan    zakat.

Hikmah Zakat
1. Menolang Kaum Duafa
Kaum Duafa sanggup memanfaatkan uang dari zakat untuk membuka usaha. Dengan perjuangan tersebut, mereka akan mendapat penghasilan dan dapat  memberi zakat kepada yang lain. Dengan demikian,zakat sanggup mengatasi kemiskinan.

2. Membersihkan Diri dari sifat Kikir
Zakat sanggup mengikis sifat kikir di dalamhati manusia. Allah sudah menimbulkan bahwa harta yang di zakatkan tidak akan berkurang,tetapi akan bertambah.

3. Menghindari Timbulnya Kejahatan Dimasyarakat
Melalui zakat,orang kaya mau membantu orang yang miskin ,hal ini memjadi niat untuk mencuri menjadi hilang. Karena tetangganya sudah mencukupi sebagai kebutuhannya.

4. Ungkapan sukur kepada Allah
Harta yang dimiliki insan merupakan salah satu kenikmatan, sekaligus amanah dari Allah . Semua kenikmatan harus disyukuri. Berzakat salah satu cara untuk menyukurinya.

5. Membangun Hubungan Kasih Sayang Antarsesama
Dengan menerimazakat, orang miskin merasa disayangi oleh orang yang kaya sehingga mereka pun akan menghormatinya. Oleh alasannya ialah itu, zakat sanggup mempererat korelasi antar sesama, terutama antara yang kaya dan yang miskin.

Sumber :buku kelas 6 dan sumber lain