Nama Presiden Yang Pernah Memimpin Negara Indonesia


Judul : Nama Presiden Yang Pernah Memimpin Negara Indonesia
link : Nama Presiden Yang Pernah Memimpin Negara Indonesia


Nama Presiden Yang Pernah Memimpin Negara Indonesia


Halaman ini memuat artikel wacana Presiden Indonesia  dan Kumpulan bank soal 
Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah
yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga berkhasiat untuk melatih siwa dalam mengerjakan soal . Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah sesungguhnya. sebab siswa sudah terbiasa mengerjakan soal baik yang sulit maupun
yang mudah.

1. Soekarno                                 ,Presiden pertama Republik Indonesia
2. Soeharto,                                  Presiden kedua Republik Indonesia.
3. B.J. Habibie,                             Presiden ketiga Republik Indonesia
4. Abdurrahman Wahid                ,Presiden keempat Republik Indonesia
5.. Megawati Soekarno Putri,        Presiden kelima Republik Indonesia.
6.Susilo Bambang Yudhoyono,     Presiden keenam Republik Indonesia
7. Joko Widodo,                             Presiden ketujuh Republik Indonesia

 ARTIKEL ,PERUBAHAN SISTIM PEMERINTAN PUSAT

1. Sejak Proklamasi Sampai pengukuhan kedaulatan(1945-1949)
   a. Pemerintahan Pusat  
 Sejak Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia dipimpin oleh Preside Sukarno dan Wapres Muhammad Hatta.Kedua pemimpin itu disebut Dwi Tunggal.Berdasarkan Undang-undang Dasar 1945 negara Indonesia berbentuk Republik dengan sistim pemeritahan Presidentil.Kekuasaan negara dilaksanakan oleh Presiden. Tokoh politik yang pernah menjabat sebagai perdana mentri pada kala ini antara lain : Sutan Syahrir, Amir Syarifudin dan Muhammad Hatta.

2. Orde baru(1966-1998)
   Pemerintahan pusat.
   Sistim pemerintahan pada masa Orde Baru menurut pada penerapan Undang-Undang Dasar 1945 secara murni. Pada masa Orde Baru, pemerintah indonesia dipimpin oleh Presiden Suharto selama 32 tahun dengan didapingi wakil Presiden yang berganti-ganti, Sri Sultan Hamengubuwono ke 1X, H. Adam Malik, Umar Wirahadikusuma,Sudharmaono, TriSutrisno, B,J Habibi.Sisitim Presidisial diterapkan secara konsisten,dimana presiden menjadi kepala negara dan kepala Pemerintahan.
Sistim pemerintahan Orde Baru berjalan selama 32 tahun. Kekuasaan Orde Baru berakhir 21 Mei 1998 dikala presiden Suharto mengundurkan diri. Pengantinya yakni Prof. Dr. B.J. Habibi yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Presiden.

3. Masa reformasi (1998 - Sekarang
   Padatahun 1999 K.H. Abdurrahman Wahid oleh MPR mengantikan Presiden B.J. Habibie. Sebagai wakil presiden  adalah Megawati Sukarno Putri . Dalam perjalanan masa pemerintahannya, Terjadi konflik antara Presiden  Abdurrahman Wahid sehinga MPR menurunkan Abdurrahman Wahid dari jabatan sebagai presiden. MPR mengangkat Megawati Sukarno Putri menjadi Presiden dengan wakil presiden dan walil Presiden yakni Hamzah Haz.

4. Pada tahun 2004 - 2009 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Preside Jusuf Kala dipilih secara eksklusif oleh rakyat melalui pemilu eksklusif yang pertama pada tahun 2004. Pada taun 2009 rakyat Indonesia melakukan pemilu yang dilaksanakan secara eksklusif dan berhasil menentukan kembali Dr. Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden dan wakil Presidennya yakni Prof. Dr Boediono. Pasangan Presiden dan Wapres ini menjaban hingga denga 2014.Pada tahun 2014 rakyat Indonesia kembali  melakukan pemilu untuk menentukan Presiden dan wakil Presiden. Pemilu 2014 dimenangkan pasangan Ir. Joko Widodo dan Muhammad Jusup Kala sebagai Presiden dan wakil Presiden periode 2014-2019 Presiden Joko Widodo dan Yusuf Kala membentuk susunan kabinet kerja berjumlah 34 mentri.