Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Dalam Tata Surya


Judul : Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Dalam Tata Surya
link : Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Dalam Tata Surya


Nama Planet Dan Ciri Ciri Planet Dalam Tata Surya

 Halaman ini menyajikan artikel wacana tata surya atau planet .Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga berkhasiat untuk melatih siwa dalam mengerjakan soal . Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah sesungguhnya. alasannya yaitu siswa sudah terbiasamengerjakan soal baik yang sulit maupun yang mudah.

No. Planet    jari-jari planet    Kala Revolusi      Kala Rotasi    Ciri Khas

1 .  Markurius   2.439,7  km   87.9691     hari     59    hari    Bayak kawah dan planet
                                                                                                terkecil
2.  Venus         6.051,8 km      224.70069 hari     243  hari     Atmosfir mengandung 79 %
                                                                                                Gas CO2 sehingga suhunya
                                                                                                 sangat tinggi.
3.  Bumi          6.371     km     365.256366 hari   1      hari     Kaya air dan oksigen
4. Mars           3.396,2  km      686,971      hari    1,4   hari     Berwarna merah.
5. Yupiter       71.492   km      4.331,572   hari    10    jam     Planet terbesar
6. Saturnus     60.268   km      10.832,327 hari    10,7 jam    Mempunyai cincin yang                                                                                                                             jelas
7. Uranus       25.559   km      30.799,095 hari     17,2 jam    Planet ter cuek di tata surya
8  Neptunus   24.764   km       60.190        hari     16,1 jam   Mempuyai cincin yang tipis
                                                                                                dan merupakan planet terjauh
                                                                                                dari Matahari

 Susunan Tata Surya

   Planet kadang- kadang tampak bergerak di antara bintang-bintang. Planet-palanet dan bulan mengelilingi matahari dengan garis edar (orbit) tertentu. Oleh alasannya yaitu itu, matahari disebut sentra tata surya. Susunan matahari dan benda-benda langit yang beredar mengelilinginya  disebut tata surya. garis edar tata  surya berdiameter lebih dari 12.000 juta km.

Matahari
   Matahari yaitu sentra tata surya. Ukuran garis tengah matahari kira-kira 118 kali lebih besar dari pada bumi.Jika dianggap wadah kosong, matahari sanggup menampung lebih dari satu juta bumi. Bagi kita ukuran mata hari sangat besar,tetapi ternyata di jagat raya matahari termasuk bintang yang ukurannya kecil. Masih ada bintang yang besarnya seratus kali besar matahari. Jarak matahari dan bumi yaitu sekitar 150 juta kilometer. Suhu dipermukaan matahari  mencapai 6.000 oC.

Planet-planet
   Planet merupakan salah satu anggota tata surya yang berukuran besar. Planet melaksanakan dua gerakan sekaligus,yaitu mengelilingi matahari dan berputar pada sumbunya. Gerakan planet mengelilingi matahari disebut revolusi. sedangkan gerakan planet berputar pada sumbunya disebut rotasi. Setiap planet  memiliki pereode revolusi dan pereode rotasi tertentu. Pereode revolusi yaitu waktu yang dibutuhkan planet untuk mengelilingi matahari dalam sekali putaran. Dalam geakanyan mengelilingi matahari,setiap planet memiliki garis edar tertentu. Garis edar ini disebut orbit. Adapun bidang yang terbentuk oleh garis edar disebut bidang edar.

Sampai kini jumlah planet anggota tata surya ada delapan buah ,yaitu Markurius,Venus,Bumi,Mars,Yupiter,Saturnus,Uranus dan Neptunus.
   Jalur peredaran planet berbentuk elips. Orbit yan berbentuk elips itu menimbulkan kedudukan planet kadang bersahabat kadang jauh dari matahari. Kedudukan planet paling jauh dengan matahari disebut aqhelium,sedangkan kedudukan planet yang paling bersahabat dengan matahari disebut perih

1. Markurius
     Markurius yaitu planet yang terdekat dengan matahari dan merupakan planet terkecil. Jarak markurius ke matahari sekitar 58 juta kilometer ,sedangkan jarak ke bumi sekitar 92 juta kilometer . Besar markurius  sekitar sepertiga  besar bumi. Padasaat tertentu ,Markurius tampak menyerupai bintang yang  sangat cerah. Namun kecerahan haya sanggup diamati dengan teleskop (terompong bintanb) ,Sulit sekali dilihat dengan mata telanjang.
     Suhu dipermukaan Markurius pada siang hari mencapai 430 oC. Suhu pada malam hari sangat cuek mencapai -170 oC. Markurius tidak memiliki atmospir jadinya tidak ada dukungan terhadap meteor dan komet yang jatuh kepermukaannya  . permukaan markurius berkawah -kawah,tandus dan berbatu

2. Venus
   Venus merupakan planet yang terdekat dengan bumi. Jarak terdekat Venus dengan bumi yaitu 42 juta km. Vinus tidak terlihat dari bumi pada jarak tersebu matahariada dibelakang vinus permukaanya menghadap kebumi tampak gelap . Vinus tampak disebelah timur pada waktu pagi dan di sebelah barat pada waktu sore. Nama vinus diambil dari nama dewi cinta  dan keindahan  bangsa romawi alasannya yaitu tampak indah dan cermelang. venut merupakan benda tercerah nomor 3  sesudah matahari dan bulan. Suhu dipermukaan vinus 458 oC suhu yang paling panas di tata surya.
Permukaan venus dataran yang luasdan bergunung-gunung. Di atmosvir vinus ,angin bertiup kencang dan kilat selalu menyambar. Kilat menyambar 20 kali setiap menit selalu terjadi angin ribut guntur.akibatnya air tidak ditemui,Atmosvir vinus diduga terdiri atas karbon dioksida dan netrogen.




Berlanjut........