Artikel Dongeng Nabi Muhammad Solalohu Alaihi Wasalam (Saw)


Judul : Artikel Dongeng Nabi Muhammad Solalohu Alaihi Wasalam (Saw)
link : Artikel Dongeng Nabi Muhammad Solalohu Alaihi Wasalam (Saw)


Artikel Dongeng Nabi Muhammad Solalohu Alaihi Wasalam (Saw)

Asalam;alaiku Wr.Wb. Halaman ini memuat artikel ihwal Nabi Muhammad dan  5 nama Nabi yang menerima gelar ulul azmi. .Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga berkhasiat untuk melatih siswa dalam mengerjakan soal . Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah . alasannya siswa sudah terbiasa mengerjakan soal baik yang sulit maupun yang mudah.

 ARTIKEL KISAH NABI MUHAMMAD SOLALOHU ALAIHI WASSALAM (SAW)

1. Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

   Nabi Muhammad SAW,Lahir di Kota Mekah.Sebuah wilayah  di daerah Jazirah Arab. Masyarakat Arap pada masa  itu dikenal dengan sebutan masyarakat Jailiyah.Jahiliah yang berrti ke bodohan atau ke gelapan. Mereka bergotong-royong orang-orang kaya dan pintar, tetapi tabiat mereka sangat buruk. Kebanyakan dari mereka yaitu penyembah berhala. Berhala-berkala itu berupa patung yang diletakkan di rumah-rumah atau di gantung di dinding ka'bah.

   Pada masa kelahiran Muhammad atau tepatnya tahun 571 masehi terjadi insiden penting. Peristiwa itu yaitu penyerbuan kerajaan Abyssinia ke kota Mekah. Pasukan Abyssinia dipimpin eksklusif oleh rajanya yang berjulukan Abrahah. Tujuan mereka yaitu menghancurkan Ka'bah. Pasukan Abrahah mengendarai gajah yang jumlahnya ribuan. Penduduk Mekah ketakutan dan bersembunyi di rumah masing- masing.

   Ketika pasukan Abrahah memasuki kota mekah tiba-tiba
ababil yang banyak mereka membawa batu-batu kecil yang
panas dan melemparkannya ke pasukan Abrabah  pasukan
mereka gagal menghacurkan kabah. Tahun itu juga disebut dengan tagun Gajah atau Amul Fil. Peristiwa tersebut diabadikan dalam Al-Qur'an Surah Al-Fil.

   Pada tahun itulah Muhammad lahir, yaitu pada hari Senin tanggal 12 Rabiulawal tahun Gajah atau tanggal 20 april tahun 571 Masehi. Muhammad berasal dari suku Quraisy. Ayahnya berjulukan Abdullah bin Abdul Muntalib,sedangkan ibunya berjulukan Aminah.
 
   Muhammad lahir sudah menjadi anak yatim alasannya Ayahnya, Abdullah meninggal ketika belkiau masih dalam kandungan. Kebiasaan penduduk Arab waktu itu kalau ada bayi yang gres lahir maka disusukan kepada wanita suku Badui di Padang Pasir. Tujuannya yaitu sibayi tumbuh sehat di tempat udaranya higienis dan segar. Setelah Muhammad lahir,beliau disusukan kepada seorang wanita Badui. Pada awalnya Muhammad disusui oleh Suwaibah Aslamiyah kemudian diganti oleh Halimah As-Sa'diyah.Dalam pengasuhannya As-Sa'diyah, Muhammad menghabiskan masa kanak-kanaknya selama 4 tahun.

   Pada pengasuhan Halimah, Muhammad mengalami insiden aneh.Ketika sedang asik bermain dengan teman-temannya ,  tiba-tiba muhammad didatangi oleh dua orang berpakaian putih.Kedua orang itu yaitu malaikat Allah yang bertugas untuk membersihkan hati Muhammad dari kotoran dan kejahatan . Muhammad kemudian dibawa ke satu tempat dan di bedah dadanya kemudian dibersihkan hatinya. sehabis selesai dibersihkan, Muhammad di kembalikan lagi ke tempat semula.  Halimah sangat takut mendehar dongeng itu, ia pun mengembalikan Muhammad kepada ibunya.

   Pada usia enam tahun, Aminah mengajak Muhammad untuk berziarah kemakam ayahnya,sekaligus mengunjungi keluarga ibunya. dalam perjalanan pulang ke Mekah,diperkampungan Abwa,ibunya jatuh sakit dan alhasil meninggal dunia.
Muhammad kemudian pulang ditemani seorang budak bernamam Umu Aiman. Sejak dikala itu, Muhammad menjadi anak yatim piatu.

   Setelah ibunya meninggal, Muhammad diasuh olek Kakeknya
Abdul Muntolib. Kakek ini sangat sayang kepada Muhammad.
Nama Muhammad yaitu derma Kakeknya. Arti Muhammad yaitu orang yang terpuji. Dinamakan demikian alasannya Kakek ingin cucunya menjadi orang yang terpuji. Namun kasih sayang sang kakek tidak bertahan lama. Pada usia delapan tahun,kakeknya meninggal dunia. Akhirnya Muhammad diasuh oleh pamannya yang berjulukan Abu Tolib.

   Masa-masa duka Muhammad dilalui dengan tabah. meskipun yatim piatu, Muhammad tetap menjalannkan hidupnya dengan penuh kesabaran. Setiap hari dia mengembalakan domba milik pamannya. Beliau ingin meringankan beban hidup pamannya yang kurang mampu. Muhammad dikenal sebagai anak yang disiplin, rajin bekerja ,dan penuh tanggung jawab. di samping itu, Muhammad juga dikenal sebagai anak yang jujur sehingga disebut Al-Amin. Al-Amin artinya sanggup dipercaya. Prilaku Muhammad itu mengakibatkan dia banyak disayang orang dan banyak mimiliki sahabat.

   Saat berusia 12 tahun Abu Tolib mengajak Muhammad berdagang kenegeri Syam atau Syria. Ditengah perjalanan rombongan dagang. Abu Tolib bertemu seorang Pendeta  berjulukan Bukhaira. Pendeta itu melihat gejala kenabian  pada diri Muhammad seingga ia menyarannkan Kepada Abu Tolib untuk kembali ke Mekah.  Mengapa? Karena Pendeta itu takut kalau orang-orang Yahudi mengetahui Kenabihan Muhammad,Mereka akan menganiaya bahkan membunuhnya.

   Muhammad termasuk anak yang pemberani . Pada dikala berusia 15 tahun,beliau sudah ikut Pamannya berperang,
namanya perang fijar.Muhammad bertugas menyiapkan perlengkapan perang . Beliau sangat cekatan dalam menjalankan kiprah dan semuanya dilakukan dengan baik. 

5 NAMA-NAMA NABI YANG MENDAPAT GELAR  ULUL AZMI
1. Nabi Nuh a.s
2. Nabi Ibrahim a.s
3. Nabi Musa a.s
4. Nabi Isa a.c
5. Nabi Muhammad saw