10 Keajaiban Dunia


Judul : 10 Keajaiban Dunia
link : 10 Keajaiban Dunia


10 Keajaiban Dunia

 Di halaman ini membicarakan  ihwal artikel keajaiban  dunia. Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga mempunyai kegunaan untuk melatih siswa dalam mengerjakan soal . Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah sesungguhnya. sebab siswa sudah terbiasa mengerjakan soal baik yang sulit maupun yang mudah.

1. Candi Barabudur     di Indonesia
2. Pulau Komodo        di Indonesia
3. Taj Mahal                di India
4. Peramide                 di Mesir
5. Tembok besar          di Cina
6. Christ Redeemer(patung Kudus) di Brasil
7. Petra                         di Yordania
8. Menara miring Pisa  di Italia
9. Machu Picchu          di Peru
10.Kolosseum              di Roma

 Candi Borobudur
   candi Borobudur ialah candi Budha yang besar dan megah. Candi Baorobudur salah satu dari tuju keajaiban dunia.

a. Letak Candi Borobudur
   Candi Borobudur terletak di wilayah magelang ,Jawa Tengah. Nama Borobudur berasal dari  Boro dan Budur. Bara berasal dari kata wihara atau bihara. Artinya ,Komplek candi atau asrama. Budur berasal dari kata Bedudur,artinya diatas. Kaprikornus Borobudur berarti bangunan candi atau wihara yang terletak diatas bukit.

b. Pembangunan Candi Borobudur
   Candi Borobudur du bangkit pada Zaman Dinasti Syailendra. Di-perkirakan candi ini dibangun oleh Raja samaratungga pada tahu 824 M. pembangunan Candi Borobudur melibatkan seluruh rakyat. Mereka melaksanakan kerja bakti dalam waktu yang lama. Hal itu merupa-kan bukti kesetiaan rakyat terhadap raja dan Sang Buddha.
   Candi Borobudur sungguh mengagumkan. Candi Borobudur menjadi pujian bangsa indonesia. Keberadaan Candi Borobudur membuktikan bahwa peradaban nenek moyang kita sangat tinggi.Bangunan Cadi Borobudur pernah terbengkelai . Bangunan itu tidak teratur dan tertimbun tanah.  timbulnya rencana untuk memugar atau memperbaiki. Pemukaran Candi Borobudur yang pertama dilakukan pada tahun 1907-1911 M. Pembukaran ini dipimpin oleh Th.VanErp.
  Seteiah lndonesia merdeka, Candi Borobudur menjadi tang-gung jawap pemerintah lndonesi Bangunan Candi Borobudur mengalami pemugaran. pada tahun 1971, kembali dilakukan perjuangan pemugaran Candi Borobudur. Untuk itu, dibentuklah Badan pemugaran Candi Borobudur. Badan itu diketuai R. Soekmana sebagai sekretaris. Pelaksanaan pemugaran memerlukan waktu kira-kira enam tahun. Pada tahun 1982, pemugaran Candi Borobudur selesai. Candi Borobudur harus dijaga kelestariannya.

c. Bentuk Bangunan Cadi Borobudur
   Bentuk bangunan Candi Borobudur merupakan adonan antara bangunan India dan Indonesia asli. Bentuk Candi Borobudur ialah berundak-undak. Bangunan Candi Borobudur menggandakan punden berundak. Candi Borobudur mempunyai 9 tingkat. Di puncak Candi ada stupa induk.
   Secara garis besar bangunan candi Borobudurdari bawah hingga puncak terbagi menjadi 3 bagian.
1. Bagian pertama disebut Kamadatu.Bagianini disebut kaki candi
2. Bangunan ke dua disebut Rupadatu. Bagianini merupakan badan candi
3. Bagian ke tiga disebut Arupadatu. Bagianini merupakan puncak candi

d. Patung dan Relif Candi Borobudur
   Candi Borobudur mempunyai 505 patung atau arca Buha. Namun Arcater sebut kini banyak yang rusak atau hilang. patung-patungitu sebagian besar ditempatkan pada relung(lekukan) dinding candi.  Sementara itu, di cuilan dinding-dinding csndi terdapat banyak relif (Pahatan pada dinding).Relif-relif itu menandakan bergagai cerita. Misalnya, Cerita kehidupan Sang Budha Gautama.