8 Nama-Nama Pendekar Nasional


Judul : 8 Nama-Nama Pendekar Nasional
link : 8 Nama-Nama Pendekar Nasional


8 Nama-Nama Pendekar Nasional

Halaman ini memuat artikel ihwal nama-nama Pahlawan Nasional dan Kumpulan bank soal
Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolah
yang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga berkhasiat untuk melatih siswa dalam mengerjakan soal .Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah  sesungguhnya. sebab siswa sudah terbiasa mengerjakan soal baik yang sulit maupun
yang mudah.

8 NAMA-NAMA PAHLAWAN NASIONAL

1. Ir Suekarno
2. Drs.Muhammad Hatta
3. Jenderal Suderman
4. Ki.H.Hasim Asy'ari
5. Ki.H. Ahmad Dahlan
6. Ki Hajar Dewantara
7. Bung Tomo
8. R.A. Kartini

Detik-Detik Proklamasi kemerdekaan Indonesia
    Sejakpagi hari tanggal 17 Agustus 1945, Para hadirin berkumpul  di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Mereka sangat antusias menyambut pelaksannan Proklamasi Kemerdekaan Indonesi  . Hari itu merupakan detik-detik yang sangat mendebarkan . Detik-detik tersebut telah usang di tunggu-tunggu oleh bangsa indonesi.
   Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Merupakan punjak perjuangan  bangsa Indonesia . Puncak usaha yang sudah berlangsung berabat-abat . Oleh sebab itu, mengherankan  jikalau insiden di hadiri oleh banyak orang .Ribuan orang hadir untuk menyaksikan insiden bersejarah itu.
   Tepat pukul 10.00 WIB,acara dimulai. Bung Karno tampil ke depan  didampingi Bung Hatta .  selanjutnya, bung karno berpidato  dan membacakan Tek Proklamasi  Kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian ,lahirlah negara baru. Negara itu ialah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bung Karno dan Bung Hatta dikenal sebagai bapak : Proklamator Republik Indonesia atau dengan sebutan DWi Tunggal

Bunyi Tsk Proklamasi

                Proklamasi
   Kami Bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia
Hal-hal yang mengenai pemindahan  kekuasan dan lain-lain, diselenggarakan
dengan cara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

                                                          Jakarta 17 - 8 - 1945
                                                 Atas nama Bangsa Indonesia


                                                      SUKARNO HATTA


Tokoh Penting Peristiwa Proklamasi

1. Ir Sukarno
   Ir Sukarno lahir di Blitar pada tanggal  6 Juli 1901. Ayahnya berjulukan Raden Sukemi Sastrodiharjo .Ibunya berasal dari Bali,bernama Ida  Nyoman Rai. . Sukarno dikenal sebagai pemuda  cerdas dan pemberani. Pada tahun 1942, Beliau lulus dari akademi tinggi di bandung. Beliau kemudin menyandang gelar Insinyur (Ir) dari sekolah  Tinggi Teknik di Bandung.
Ir Sukarno banyak terlihat dalam organesasi usaha . Ir Sukarno selalu tampil sebagai pimpinan organesasi. Ir Sukarno

pernah memimpin Putera, Cuo Sangi In ,dan PPKI. Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir Sukarno tampil sebagai pebicara dalam sidang BPUPKI. Ir Sukarno memberikan pidato yang berisi lima asas dasar negara. Lima asas dasar negara itu kemudian dikenal dengan nama Pancasila.
 Pada masa proklamasi kemerdekaan, peranan Ir. Soekarno sangat besar. Ia bersama Drs. Mohammad Hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Padahal Sekutu dan Jepang tidak menghendaki kemerdekaan Indonesia. Namun, Ir. Suekarno dengan gagah berani menghadapinya.

2. Ibu Fatmawati Sukarno
  
Ibu Fatmawati lahir di kota Bengkulu pada tanggal 5 Februari 1923. dia ialah istri Ir Sukarno. Sejak insiden Rengas Denglok, peranan sangat besar. Peranan Ibu Fatmawati makin menonjol dikala terjadi upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia . Ibu Fatmawati dengan keteguhannya berhasil menciptakan Bendera Merah  Putih .bendera tersebut dikibarkan  sehabis pembacaan Tek Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dikenal sebagai Sang Saka Merah Putih.
  Untuk menjaga keawetannya, Bendera hasil buatan Ibu Fatmawati haya dikibarkan beberapa kali. Bendera itu di kibarkan dari tahun 1846 sampai 1968. Bendera buatan Ibu Fatmawati dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI. Sejak tahun 1969,bendera itu tidak pernah di kibarkan lagi. hal itu sebab bendera buatan Ibu Fatmawati mulai rusak. Bendera itu selanjutnya disimpan di Istana Merdeka.