Pengetahuan Kesehatan Darah Dan Proteksi Darurat


Judul : Pengetahuan Kesehatan Darah Dan Proteksi Darurat
link : Pengetahuan Kesehatan Darah Dan Proteksi Darurat


Pengetahuan Kesehatan Darah Dan Proteksi Darurat

 Halaman ini menampilkan wacana pengetahuan kesehatan darah dan santunan pertama pada kecelakaan
Darah
    Darah adalah  satu-satunya organ tubuh  yang berupa cairan yang berfungsi  sebagai pengangkut materi makanan  dan oksigen ke seluruh tubuh. Volume organ yang berupa  cairan ini sekitar 4,5 hingga dengan 5,5 liter. Sirkulasi darah di pompa  oleh jantung melalui  Vena,arteri dan jalan masuk kapiler ke seluruh tubuh. Komposisi darah terdiri atas plasma 60 %,sel darah merah, sel darah putih dan  tranbosit (platelest)

Tipe darah
Golongan darah    Dapat mendapatkan dari    Dapat memberi ke

A                          A,O                                   A,AB
B                          B,O                                    B,AB
AB                       A,B,AB,dan O                  AB
O                          O                                        A,B,AB dan O

Gol. Darah Orang Tua    Kemungkinan Anaknya    Tidak mungkin

A X A                                  A,O                                AB,B
A X B                                  A,B,AB,0                           -
A X AB                               A,B,AB                             O
A X O                                  A,O                               AB,B
B X B                                  B,O                                A,AB
B X AB                               A,B,AB                         A,AB
AB X AB                            A,B,AB                             O
AB X O                               A,B                                 O,AB
O X O                                  O                                  A,B,AB


Pertolongan Darurat
    Pemberian santunan darurat kepada orang yang mengalami  petaka merupakan tindakan  kesehatan  yang mengandung nilai "Kepedulian sosial". Beberapa tindakan  yang perlu diketahui  sebagai berikut.

1. Menghentikan Pendarahan

    Pendarahan sanggup dihentikan  dengan cara menekan  di sekitar luka. Apabila luka terlalu lebar maka kawasan sekitar luka  harus ditekan  terus menerus. Posisi bab yang luka  lebih tinggi daripada kepala. Untuk menghentikan darah dari luka di sekitar telapak tangan  dan jari-jari tangan, tekanlah nadi  di pergelangan tangan. Luka dilengan ,tekanlah nadi pada  ketia penderita.  apabila luka terdapat di leker atau kepala bab belakang  tekanlah nadi pada leher di bawah indera pendengaran . sedangkan nadi di samping kepala sempurna didepan indera pendengaran untuk menghentikan  pendarahan di kulit bab atas kepala. Apabila luka di wajah, tekanlah nadi  di bawah rahang bawah . untuk menghentikan  pendarahan sanggup pula dipakai saputangan yang diikatkan pada kaki atau lengan penderita.

2. Pernapasan dari Mulut Ke Mulut

    Untuk melaksanakan pernapasan  dari verbal hendaknya dipastikan bahwa di dalam verbal penderita tidak terdapat sisa makanan,Lumpur,gula-gula,dan sebagainya. penderita dibaringkan terlentang . Buka verbal penderita  dengan cara menarik rahangnya. Tutuplah verbal penderita. Setelah dilakukan pernapasan buatan, verbal penderita selalu dalam  keadaan terbuka. Tiuplah verbal penderita kemudian perhatikan  apa kalau udara yang ditiupkan itu dikeluarkan kembali oleh penderita. Lakukan terus menerus hingga 20 kali tiupan per menit  untuk anak-anak, sedangkan untuk orang cukup umur 12 kali tiupan per menit.

3. Membantu Denyet Jantung

    Apa kalau penderita mengalami kecelakaan  yang mengakibatkan denyut jantung  berhenti berdenyut  maka lakukan sebagai berikut.Sebelum dada penderita ditekan  hendaknya segera dilakukan pengurutan  sehabis jantung  berhenti berdenyut. tekanlah bab paling bawah  dada penderita  dengan telapak tangan  yang ditumpuk. Tekanlah hingga sedalam 5 cm dan pementingan itu  diulang hingga 60 tekanan permenit.

4. Tersedak Makanan

    Untuk memperlihatkan santunan pertama pada penderita yang mengalami tersedak masakan ,maka lakukanlah hal-hal sebagai berikut. Peluklah pinggang penderita  dengan dua tangan  dari belakang. Usahakan tubuh  bab atas penderita menggantung ke depan. Kepalkan salah satu tangan Anda dan tekankanlah pada perut bab atas,bagian bawah tulang iga, dan di atas pusar. Kemudian tarik kepalan tangan  itu ke bab atas. ulangi beberapa kali  hingga masakan itu keluar.

5. Shock/Terkejut

    Penderita Shock atau terkejut  sanggup diketahui melalui  wajahnya  yang pucat, badannya dingin  dan berkeringat,napas memburu,terkadang diikuti dengan jantung yang berdebar-debar. Untuk mengatasi penderita shock atau terkejut ini maka beringkan penderita dengan posisi  kaki lebih tinggi dari pada kepala. Berikan minuman hangat pada penderita, sanggup pula ditambah gula dan garam  apa kalau penderita dalam keadaan sadar.