Gunung Tertinggi Di Dunia


Judul : Gunung Tertinggi Di Dunia
link : Gunung Tertinggi Di Dunia


Gunung Tertinggi Di Dunia

Artikel ini memicarakan perihal gunug  tertingi maupun gunug-gunung yalain  dan membicarakan Kumpulan bank soal .Sebagai materi buat guru dalam mempersiapkan siswa-siswinya dalam menghadapi ujian sekolahyang akan di selengarakan sebentar lagi, kumpulan bank soal ini juga berkhasiat untuk melatih siwa dalam mengerjakan soal .Sebagai sarana untuk membiasakan  diri dalam  menjawab soal pada ujian sekolah sesungguhnya.

1. Gunung Everest Nepal/Cina                    8848 m
2. Gunung Jamu / Kashmir Cina                 8611 m
3. Gunung Kangchenjunga Nepal/India      8598 m
4. Gunung Dhaulagiri Nepal                        8172 m
5. Gunung Annepurna Nepal                       8078 m
6. Gunung Aconcagua Argentina                6960 m
7. Gunung OjosDel Salado Argentina/Cili  6908 m
8. Gunung Mc. Kinley Alaka AS                6194 m
9. Gunung Logan Kanada                           5959 m
10. Gunung Kalimanjaro Tanzania             5895 m

 Gunung
   Gunung yaitu Tonjolan permukaan bumi. Tinggi lebih dari 400 m . Gunung sanggup dibedakan menurut ketinggianya . Ada gunung tinggi dangunung sedang.

1. Gunung tinggi memiliki ketinggian lebih dari 1.000 meter dari permukaan air laut.
2. gunung sedang memiliki ketinggian 400-1.000 meter dari permukaan air laut.
Gunung juga sanggup dibedakan menurut kemiringan lerengnya gunung tersebut yaitu sebagai berikut.
1. Gunung memiliki kemiringan 4 disebut landai.
2. Gunung memiliki kemiringan 45 disebut curam.
3. Gunung memiliki kemiringan50-90 disebut tegak.
gunung sering dijadikan tempat pendakian pencinta alam mereka untuk menempa keberanian dan kepercayan diri selain itu mengagumi alam ciptaan ilahi yang maha esa.

Gunung meletus
   Gunung api meletus alasannya yaitu kepundannya tersumbat. Ketika isi didalam gungung itu mendesak keluar,sumbatan itu menahannya. semakin usang kekuatan dari dalam gunung membesar .sumbatan di kepundan tidak bisa menahannya .Isi gunung akan menyembur keluar.Lava yaitu cairan panas gunung berapi.
   Tanda tanda gunung akan meletus berupa semburan bubuk dan asab selama 24 jam. Hewan-hewan liar akan turun ke kawasan yang lebih rendah .Penyebabnya suhu udara naik. Letusan bisa ditandai gempa berkekuatan rendah. Setelah itu,gunung akan meletus mengeluarkan lava,abu dan awan panas. Lava yang mendingin di sebut lahar.Jika hujan turun maka sanggup terjadi banjir lahar.
   Disetiap gunung berapi di berdiri pos pengamatan . Penjagaan pos selalu memantau  kondisi gunung . Terdapa 4 tingkatan keadaan gunung berapi.1. Setatus Awas,artinya :Gunung api akan segera meletus,sedang meletus,atau dalam keadaan kritis yang menjadikan tragedi . letusan berpeluang terjadi dalam 24 jam.
2. Siaga artinya : Gunung api sedang bergerak kearah letusan atau menjadikan bencana. Aktifitasnya sanggup berlanjut  kearah letusan.
3. Waspada artinya : Ada aktifitas gunung api dalam banyak sekali bentuk  dan diatas tingkat normal.
4. Normal artinya : Tidak ada aktifitas magma.
  Di Indonesi  terdapat banyak gunung api.Gunung yang pernag meletus digolongkan tepe A . Bahaya letusan gunung api berupa ancaman premer dan sekunder.
1. Bahaya premer yaitu ancaman pribadi ketika gunung meletus.misalnya awan panas,lontaran kerikil pijar ,hujan abu,lelehan lahar,dan gas beracun.
2. Bahaya sekunder yaitu ancaman sehabis gunung meletus. contohnya ,Banjir lahar ketika demam isu hujan.

  Letusan gunung berapi menimbulkan kerusakan lingkungan .Misalnya terbakarnya pohon-pohona  dan tanah pertanian .Awan panas menimbulkan korban jiwa . Misalnya timbulnya awan panas (wedhus gembel). Gunung merapi di Yogyakarta .akibatnya beberapa orang meninggal dunia dan ratusan orang luka berat.Keuntungan gunung berapi meleus yaitu Letusan gunung berapi mengeluarkan lahar.Lahar mengandung zat-zat penyubur tanah. selain itu pasir dan kerikil gunung berapi bermanfaat bagi penduduk. Penduduk mengambilnya untuk di jual.