Judul : Soal Uts Matematika Kelas 6 Sd Semester 2 ( Genap ) Dan Kunci Jawaban
link : Soal Uts Matematika Kelas 6 Sd Semester 2 ( Genap ) Dan Kunci Jawaban
Soal Uts Matematika Kelas 6 Sd Semester 2 ( Genap ) Dan Kunci Jawaban
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B ATAU C PADA JAWABAN YANG BENAR!1. Pecahan 1⁄4 senilai dengan ....
a. 4⁄9
b. 3⁄6
c. 5⁄20
d. 6⁄9
2. Bentuk paling sederhana dari pecahan 75⁄100 adalah ....
a. 1⁄3
b. 3⁄2
c. 1⁄4
d. 3⁄4
3. Pecahan 2⁄4 , 1⁄5 , 3⁄9 dan 25⁄100 jika diurutkan dari yang paling kecil yaitu ....
a. 1⁄5 , 25⁄100 , 3⁄9 , 2⁄4
b. ⁄4 , 1⁄5 , 25⁄100 , 3⁄9 2
c. 1⁄5 , 2⁄4 , 3⁄9 , 25⁄100
d. 25⁄100 , 2⁄4 , 3⁄9 , 1⁄5
4. Kartika membeli 1⁄2 Kg apel, Dika 3⁄8 Kg Apel dan Santi seberat 4⁄6 Kg. Urutan berat buah jeruk dari ketiganya dari yang paling kecil yaitu ....
a. Dika, Kartika, Santi
b. Dika, Santi, Kartika
c. Kartika, Santi, Dika
d. Santi, Kartika, Dika
5. Bentuk pecahan adonan dari 8⁄3 adalah ....
a. 2 6⁄3
b. 2 2⁄3
c. 2 1⁄3
d. 2 2⁄4
6. Bentuk pecahan desimal dari 4 1⁄8 adalah ....
a. 4,375
b. 4,75
c. 4,125
d. 4,35
7. Bentuk pecahan biasa di bawah ini yang senilai dengan 6 2⁄5 adalah ....
a. 8⁄5
b. 32⁄5
c. 12⁄5
d. 30⁄5
8. Perhatikan perubahan dari pecahan ke bentuk persen di bawah ini!
I) 1⁄8 = 8 %
II) 1⁄3 = 30 %
III) 2⁄4 = 50 %
IV) 6⁄9 = 66,67 %
Pernyataan di atas yang benar yaitu ....
a. III dan IV
b. II dan III
c. I dan III
d. II dan IV
9. Pak Bayu mempunyai lahan yang luasnya 200 m². Lahan Pak Bayu tersebut yang ditanami jagung adalah 3⁄4 bagian. Makara lahan yang ditanami padi yaitu seluas ....
a. 100 m²
b. 75 m²
c. 150 m²
d. 125 m²
10. Hasil dari 3⁄5 + 2⁄3 - 4⁄12 = ....
a. 23⁄30
b. 28⁄30
c. 56⁄30
d. 56⁄12
11. Bagus membeli 3⁄4 Kg Salak , Rina membeli 1 2⁄5 Kg jeruk dan Andre membeli 2 1⁄2 Kg manggi. Jumlah berat buah yang mereka bertiga beli yaitu ....
a. 4 3⁄4
b. 4 3⁄20
c. 4 13⁄20
d. 4 66⁄10
12. Hasil dari 1⁄2 x 4⁄10 : 3⁄8 = ....
a. 8⁄15
b. 12⁄100
c. 1⁄9
d. 18⁄216
13. Umur Yudi yaitu 25 tahun, sedangkan umur Sintia adalah 4⁄5 umur Yudi. Makara selisih umur Sintia dan Yudi yaitu ....
a. 4 tahun
b. 5 tahun
c. 6 tahun
d. 7 tahun
Perhatikan gambar peta desa di bawah ini untuk mengisi soal nomor 14 – 16!
Keterangan :
P = Letak rumah Soni X = Letak rumah Roni
Q = Letak rumah Siska Y = Letak rumah Budi
R = Letak rumah Sigit Z = Letak rumah Indah
S = Letak rumah Sandi
14. Letak rumah Siska yaitu pada koordinat ....
a. E3
b. J4
c. M5
d. P4
15. Rumah yang terletak pada koordinat N3 yaitu rumah ....
a. Soni
b. Indah
c. Sigit
d. Sandi
16. Rumah Sigit terleatak pada koordinat ....
a. N3
b. N4
c. J4
d. M5
Perhatikan bidang koordinat dibawah ini untuk mengisi soal nomor 17 – 19!
17. Koordinat titik C yaitu ....
a. (2,5)
b. (6,3)
c. (5,2)
d. (-5,2)
18. Titik yang terletak pada koordinat (-3,1) yaitu ....
a.Titik F
b. Titik G
c. Titik H
d. Titik I
19. Koordinat titik F yaitu ....
a. (-2,5)
b. (-4,5)
c. (-4,-5)
d. (-5,-4)
Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengisi soal nomor 20 – 21 !
20. Titik-titik koordinat di bawah ini yang tidak sesuai gambar di atas yaitu ....
a. A (-3,3)
b. B (3,3)
c. C (-5,5)
d. D (-5.-5)
21. Luas bangkit di atas yaitu ....
a. 54 satuan
b. 64 satuan
c. 48 satuan
d. 36 satuan
22.
Jika pada gambar koordinat di atas di tambahi satu titik pada titik koordinat (9,-3) maka bangkit yang terbentuk dari titik-titik di atas yaitu bangun ....
a. Layang-layang
b. Segilima
c. Trapesium
d. Jajargenjang
23. Bangun yang terbentuk dari titik P (2,1), Q (10,1), R (10,5) dan S (2,5) yaitu bangkit ....
a. Persegi
b. Persegi panjang
c. Layang-layang
d. Belah ketupat
24. Titik koordinat (4,6) kalau diceminkan terhadap sumbu Y maka akan berada pada titik koordinat ....
a. (4,-6)
b. (-4,-6)
c. (-6,-4)
d. (-4,6)
25. Titik koordinat (10,3) kalau dicerminkan terhadap sumbu X maka akan berada pada titik koordinat ....
a. (10,-3)
b. (-10,-3)
c. (-10,3)
d. (3,10)
( Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya : Download Soal UTS Matematika Kelas 6 SD Semester 2 (Genap) Dan Kunci Jawaban )
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. sTulislah tiga pecahan yang senilai dengan 1⁄3 !
2. Bentuk paling sederhana dari pecahan 36⁄180 adalah ....
3. Bentuk desimal dari 7⁄8 adalah .....
4. Hasil dari 6⁄10 + 1⁄5 + 5⁄8 - 5⁄4 = ....
5. Hasil dari 4⁄8 x 5⁄12 : 10⁄15 = .....
6. Garis sumbu X pada bidang koordinat merupakan garis ....
7.
Agar gambar titikt-titik di atas menjadi sebuah gambar jajar genjang, maka koordinat titik D yaitu berada pada titik ....
8. Bangun yang terbentuk dari titik A (-4,1), B (-1,4) , C (4,4) dan D (1,1) yaitu bangkit ....
9. Titik koordinat (5,2) kalau diceminkan terhadap sumbu Y maka akan berada pada titik koordinat ....
10. Titik koordinat (-9,-4) kalau dicerminkan terhadap sumbu X maka akan berada pada titik koordinat ....
( Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya : Download Soal UTS Matematika Kelas 6 SD Semester 2 (Genap) Dan Kunci Jawaban )
C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sederhanakanlah pecahan-pecahan dibawah ini ke bentuk pecahan paling sederhana!
a. 20⁄40
b. 15⁄45
c. 72⁄108
d. 24⁄120
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Dani membeli 10 1⁄5 Kg buah apel, Ahmad membeli 7 1⁄2 Kg buah apel dan Diyah membeli 15 1⁄4 Kg buah apel. Jika setiap 1 kg apel harganya yaitu Rp. 30.000,00. Maka hitunglah :
a. Masing-masing uang yang harus mereka bayarkan!
b. Total semua uang yang mereka bayarkan!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Pak Yusuf mempunyai 20 tabung berisi madu. Setiap tabung berisi 5 1⁄2 liter madu. Kemudian Pak Yusuf ingin memasukkan madu tersebut ke dalam botol kecil-kecil untuk dijual. Setiap botol kecil bisa menampung 1⁄5 liter madu. Setiap botol nantinya akan dijual dengan harga Rp. 25.000,00. Dari keterangan tersebut. Maka, hitunglah :
a. Jumlah maksimal botol yang bisa dipakai untuk menampung madu, kalau diisi peuh setiap botolnya.
b. Jumlah uang yang diterima Pak Yusuf kalau madunya terjual semua.
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Tentukan titik koordinat A, B, C, D, E, F, G, H, I, J dan K pad gambar di bawah ini!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.
Buatlah perncerminan terhadap sumbu X dan sumbu Y pada gambar bidang koordinat di atas !
Jawab : .....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
MATEMATIKA KELAS 6 SD
A. JAWABAN
1. c. 5⁄20
2. d. 3⁄4
3. a. 1⁄5 , 25⁄100 , 3⁄9 , 2⁄4
4. a. Dika, Kartika, Santi
5. b. 2 2⁄3
6. c. 4,125
7. b. 32⁄5
8. a. III dan IV
9. c. 150 m²
10. b. 28⁄30
11. c. 4 13⁄20
12. a. 8⁄15
13. b. 5 tahun
14. b. J4
15. d. Sandi
16. d. M5
17. c. (5,2)
18. b. Titik G
19. c. (-4,-5)
20. c. C (-5,5)
21. b. 64 satuan
22. c. Trapesiumb. Persegi panjang
23. d. (-4,6)
24. a. (10,-3)
B. JAWABAN
1. 2⁄6 , 3⁄9 , 4⁄12
2. 1⁄5
3. 0,875
4. 20⁄40 + 8⁄40 + 25⁄40 - 50⁄40 = 57⁄40 - 50⁄40 = 7⁄40
5. 20⁄96 : 10⁄15 = 20⁄96 x 15⁄10 = 30⁄96 = 10⁄32
6. Horizontal
7. ( -1 , -2 )
8. Jajargenjang
9. (-5,2)
10. (-9,4)
C. JAWABAN
1. Menyederhanakan pecahan-pecahan
a. 20⁄40 = 1⁄2
b. 15⁄45 = 1⁄3
c. 72⁄108 = 2⁄3
d. 24⁄120 = 1⁄5
2. Diketahui :
Buah apel yang dibeli Dani = 10 1⁄3 Kg
Buah apel yang dibeli Ahmad = 7 1⁄2 Kg
Buah apel yang dibeli Diyah = 15 1⁄4 Kg
Harga setiap Kg buah apel = Rp. 30.000,00.
a. Masing-masing uang yang harus mereka bayarkan.
- Uang yang harus di bayar Dani
= 10 1⁄5 Kg x Rp. 30.000,00
= 51⁄2 Kg x Rp. 30.000,00
= Rp. 306.000,00
- Uang yang harus dibayar Ahmad
= 7 1⁄2 Kg x Rp. 30.000,00
= 15⁄2 Kg x Rp. 30.000,00
= Rp. 225.000,00
- Uang yang harus dibayar Diyah
= 15 1⁄4 Kg x Rp. 30.000,00
= 61⁄4 Kg x Rp. 30.000,00 = Rp. 457.500,00
b. Total semua uang yang mereka bayarkan
= Rp. 306.000,00 + Rp. 225.000,00 + Rp. 457.500,00
= Rp. 988.500,00
3. Diketahui :
Jumlah tabung berisi madu = 20 tabung
Isi setiap tabung = 5 1⁄2 liter madu
Volume botol kecil = 1⁄5 liter madu.
Harga setiap botol kecil madu = Rp. 25.000,00.
a. Jumlah maksimal botol yang bisa dipakai untuk menampung madu, kalau diisi peuh setiap botolnya.
= 20 x 5 1⁄2 : 1⁄4 = 20 x 11⁄2 x 4⁄1 = 220⁄2 x 4⁄1 = 880⁄2 = 440 botol
b. Jumlah uang yang diterima Pak Sandi kalau madunya terjual semua.
= 440 x Rp. 25.000,00 = Rp. 11.000.000,00
4. Menentukan titik koordinat :
A ( -2,-4) , B (-4,-6) , C (-8,-6) , D (-5,-2) , E (-4,6) , F (4,6) , G (8,-6) , H (4,-6) ,
I (2,-4) , J (2,-2) , K (-2,-2)
5. Membuat pencerminan terhadap sumbu X dan sumbu Y
- Pencerminan terhadap sumbu X
- Pencerminan terhadap sumbu Y