20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Bahan Ips Kelas 3 Sd


Judul : 20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Bahan Ips Kelas 3 Sd
link : 20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Bahan Ips Kelas 3 Sd


20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Bahan Ips Kelas 3 Sd

 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya  20 Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita Beserta Keterangannya - Materi IPS Kelas 3 SD


Jenis-Jenis Pekerjaan Di Sekitar Kita - Materi IPS Kelas 3 SD

1. Petani
Petani pekerjaannya bercocok tanam di sawah. Petani menghasilkan macam-macam materi pangan ibarat menghasilkan padi, jagung, kedelai dan ketela. Mayoritas penduduk di Indonesia  juga bermata pencaharian sebagai petani, maka dari itu Indonesia disebut sebagai negara agraris.

2. Nelayan
Nelayan pekerjaannya mencari atau menangkap ikan yang ada di laut. Nelayan biasa memakai kapal atau bahtera dikala menangkap ikan. Mereka menangkap ikan sanggup memakai jaring atau jala. Kebanyakan orang yang tinggal di bersahabat pantai bermata pencaharian sebagai nelayan.

3. Peternak
Peternak  adalah pekerjaan yang membudidayakan ternak. Hewan ternak itu ibarat sapi, kambing. kerbau, kelinci dan burung. Para peternak memelihara hewan-hewan tersebut untuk sanggup dimanfaatkan bagi kehidupan sehari-hari. Contohnya untuk dimanfatkan dagingnya, telurnya, tenaganya atau dimanfaatkan keindahannya.

4. Guru
Guru yaitu orang yang pekerjaannya mengajar para siswa. Para guru biasanya bekerja di sekolah. Guru mengajar ilmu pengetahuan kepada orang lain. Pekerjaan sebagai guru dikenal sebagai seorang hero tanpa tanda jasa. Hal itu alasannya pekerjaan sebagai seorang guru yaitu pekerjaan yang sangat mulia.

5. Dokter
Dokter yaitu seorang yang pekerjaannya menyidik atau mengobati kesehatan orang. Seorang dokter biasa kita temui di rumah sakit atau di puskesmas. Dokter berusaha menciptakan orang yang sakit untuk sanggup kembali sembuh ibarat sedia kala. Agar sanggup menjadi orang yang sehat kembali.

6. Polisi
 Polisi yaitu seorang yang pekerjaannya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Seorang polisi sanggup kita temui di kantor polisi. Polisi di lingkungan kecamatan dinamakan Polsek ( Kepolisian Sektor ), polisi di tingkat kabuaten dinamakan Polres ( Kepolisian Resort) dan polisi di tingkat provinsi dinamakan Polda ( Kepolisian Daerah)

7. Tentara
Tentara yaitu seorang yang pekerjaannya menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Tentara di Indonesia dikenal dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

8. Pedagang
Pedagang yaitu seorang yang pekerjaannya menjual dan membeli barang. Seorang pedagang sanggup kita temui dengan gampang di pasar. Pasar menjadi kawasan bertemunya penjual dan pembeli. Pedagang membeli dan menjual barang untuk mendapat keuntungan.

9. Penjahit
Penjahit yaitu seorang yang pekerjaannya menjahit pakaian. Seorang penjahit sanggup menciptakan sebuah pakaian atau membenahi pakaian kita yang telah rusak.

10. Sopir
Sopir yaitu seorang yang pekerjaannya mengemudikan kendaraan ibarat bus dan kendaraan beroda empat roda empat lainnya.

( Lihat juga : Latihan Soal Memilih Jenis Gerak Benda IPA Kelas 3 SD )

11. Suster
Suster yaitu seseorang yang pekerjaannya membantu dokter untuk merawat pasien di rumah sakit semoga cepat sembuh.

12. Montir
Montir yaitu seorang yang pekerjaannya membenahi motor-motor yang rusak atau mengalami masalah. Montir biasa bekerja di bengkel.

13. Kondektur
Kondektur yaitu seorang yang pekerjaanya membantu seorang sopir di bus. Seorang kondektur biasa menarik tiket dan uang bayaran dari setiap penumpang

14. Buruh
Buruh yaitu seorang yang bekerja kepada orang lain atau kepada sebuah perusahaan untuk mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. Seorang buruh akan diberi upah sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya.

15. Nahkoda
Nahkoda yaitu seorang yang pekerjaannya mengemudikan kapal laut.

( Lihat juga : Soal Teka-Teki Silang (TTS) Tentang Pekerjaan Untuk Kelas 3 SD )

16. Masinis
Masinis yaitu seorang yang pekerjaannya mengemudikan kereta api.

17. Pilot
Pilot yaitu seoarnag yang pekerjaannya mengemudikan pesawat.

18. Satpam
Satpam yaitu seorang yang pekerjaannya menjaga keamanan di lingkungan tertentu. Seperti di perumahan, perusahaan ataupun di sekolah.

19. Tukang Cukur
Tukang cukur yaitu seorang ang pekerjaannya memotong rambut orang lain untuk dirapikan atau dijadikan lebih rapi atau indah.

20. Tukang Bangunan
Tukang bangunan yaitu seorang yang pekerjaanya membangun suatu bangunan ibarat rumah, gedung, masjid dan lain-lain.