Bagian-Bagian Dari Bunga Dan Fungsinya


Judul : Bagian-Bagian Dari Bunga Dan Fungsinya
link : Bagian-Bagian Dari Bunga Dan Fungsinya


Bagian-Bagian Dari Bunga Dan Fungsinya

 Bunga yaitu salah satu organ pada tumbuhan yang merupakan daerah berlangsungnya perkemba Bagian-Bagian Dari Bunga dan Fungsinya

Bunga yaitu salah satu organ pada tumbuhan yang merupakan daerah berlangsungnya perkembangbiakan secara generatif melalui proses pembuahan serta penyerbukan. 

Bagian-Bagian Bunga dan Fungsinya

1. Tangkai Induk Bunga (Bahasa latin : Rachis, Penduluncus)
Tangkai induk bunga yaitu adalah cabang (aksis) penghubung antara tangkai bunga dengan batang atau cabang primer pada batang.

2. Tangkai Bunga (Bahasa Latin : Pedicellus)
Tangkai Bunga yaitu cabang terakhir yang bertaut eksklusif dengan tangkai induk untuk mendukung bunga. Tangkai bunga merupakan bab bunga yang berada pada bab bawah. Sehingga tangkai bunga berfungsi sebagai penopang dan penghubung antara tangkai dan juga ranting tumbuhan. Fungsi dari tangkai bunga yaitu penghubung antara bunga dengan ranting dan tangkai bunga juga berfungsi sebagai penopang bunga. 

3. Dasar Bunga (Bahasa latin : receptacle)
Dasar bunga yaitu bab bunga yang menjadi bab dari ujung tangkai bunga. Fungsi dari dasar bunga yaitu sebagai daerah melekatnya mahkota bunga. 

4. Daun Pelindung (Bahasa latin : Brachtea)
Daun pelindung yaitu daun terakhir yang di ketiaknya ditumbuhi bunga.

5. Daun Tangkai (Bahasa latin : Brachteola)
Daun tangkai yaitu daun yang letaknya berada di pangkal tangkai bunga. Funsi dari daun tangkai adlah sebagai pelindung. 


6. Daun buah (Bahasa Latin : carpell)
Carpell merupakan bab fertil berupa ovalum (bakal biji) berkelompok membentuk putik (pistill).

7. Daun mahkota (Bahasa latin : Petal)
Petal merupakan suplemen bunga warnanya mencolok, berkelompok, serta membentuk corolla (mahkota bunga)

8. Kelopak Bunga (Bahasa Latin : Sepal)
Kelopak bunga yaitu bab bunga yang melindungi dan menyelimuti mahkota di ketika bunga masih kuncup. Fungsi dari kelopak bunga yaitu melindungi mahkota bunga ketika kuncup dan akan terbuka jikalau mahkota mekar. Kelopak bunga biasanya warna dan bentuknya mirip daun. Kelopak bunga akan membuka ketika bunga mulai mekar.

9. Mahkota Bunga (Bahasa latin : Corolla)
Mahkota bunga terdiri dari daun suplemen bunga yang berwarna-warni dan berkelompok. Mahkota bunga merupakan bab bunga yang nampak paling indah yang mempunyai beraneka ragam warna. Fungsi dari warna-warna mahkota bunga tersebut sanggup memikat serangga-serangga, sehingga sanggup membantu dalam proses penyerbukan. 

10. Benang Sari (Bahasa latin : Stamen)
Benang sari yaitu alat kelamin jantan sebagai alat perkembangbiakan bunga atau fertil yang terdiri atas kepala sari (anthera), serbuk sari (polen), tangkai sari (filament) dan penunjang kepala sari. Fungsi benang sari yaitu proses reproduksi dan juga perkembang biakan di sebuah bunga, yang nantinya sanggup menumbuhkan tumbuhan baru. 

11. Putik
Putik bunga yaitu bab fertil pada bunga dimana bakal buah dan bakal biji berada. Putik berbentuk mirip botol yang lehernya lurus dan panjang. Bagian putik yang paling ujung disebut kepala putik, Bagian putik yang paling panjang disebut tangkai putik. Sedang bab bawah putik yang mengelembung disebut carpel yaitu pendukung makrospora dimana bakal buah dan bakal biji berada.  Bakal biji mempunyai dua inti, yaitu sel telur (Ovum) dan calon lembaga.