32. Sebutan Dan Julukan Negara-Negara Di Dunia Dan Alasannya


Judul : 32. Sebutan Dan Julukan Negara-Negara Di Dunia Dan Alasannya
link : 32. Sebutan Dan Julukan Negara-Negara Di Dunia Dan Alasannya


32. Sebutan Dan Julukan Negara-Negara Di Dunia Dan Alasannya

 Amerika Serikat Dijuluki Negeri Paman Sam dan Negeri Super Power 32. Sebutan dan Julukan Negara-Negara di Dunia dan Alasannya


1. Amerika Serikat Dijuluki Negeri Paman Sam dan Negeri Super Power
AS medapatkan julukan Negeri Paman Sam, julukan ini bekerjasama dengan seorang pengemas daging berjulukan Samuel Wilson. Ia yakni seorang penyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812. Samuel Wilson mencap tong-tong berisi daging tersebut dengan kata ‘US’ kependekan dari United States (Amerika Serikat) namun para tentara AS justeru menganggapnya sebagai kependekan dari ‘Uncle Sam' yang berarti Paman Sam. Kemudian, koran lokal mengangkat kisah ini dan Paman Sam mulai diterima sebagai panggilan untuk Amerika Serikat.

AS medapatkan julukan Negeri Super Power sebab AS mempunyai sumber daya alutsita yang sangat besar lengan berkuasa dan besar. Kekuatan militernya sangat lengkap dan disegani oleh dunia. AS mempunyai banyak sekali alat tempur yang beraneka ragam dan canggih. Berbagai kapal induknya banyak tersebar di banyak sekali belahan dunia.

2. Arab Saudi Dijuluki Negeri Minyak
Mendapatkan julukan negeri minyak sebab negara ini salah satu negara penghasil minyak bumi di dunia. Sumber penghasilan negara Arab Saudi sangat mengandalkan minyak bumi. Minyak bumi menjadi pilar utama dalam menjadi penopang perekonomian negara. 

3. Argentina Dijuluki Negeri Tanggo
Argentina mendapat julukan negeri Tanggo sebab tarian orisinil negara tersebut yang berjulukan tarian Tanggo. Tarian ini sudah populer di banyak sekali belahan dunia. 

4. Australia Dijuluki Negeri Kangguru
Australia mendapat julukan negeri kanguru sebab di negara ini terdapat spesies binatang kanguru yang sangat banyak. Kanguru merupakan binatang berkantong, binatang ini juga hidup Papua Nugini dan Indonesia. Namun jumlahnya tidak sebanyak di Australia.

5. Belanda Dijuluki Negeri Kincir Angin
Belanda mendapat julukan negeri kincir angin sebab di Belanda membangun banyak sekali kincir angin di negaranya. Untuk memperbesar wilayahnya, Negera ini mengeruk pantai di sekeliling wilayah tepinya dan dibentuk bendungan.

6. Brazil Dijuluki Negeri Samba
Brazil mendapat julukan negeri Samba sebab Brazil mempunyai tarian khas yaitu tarian Samba. 

7. Bulgaria Dijuluki Negeri Kuntum Mawar
Bulgaria mendapat julukan negeri kuntum mawar sebab negara ini merupakan negara penghasil Minyak Mawar Terbaik Dan Termahal Di Dunia. Bunga mawar ini juga dipakai untuk menghasilkan minyak mawar, minyak mawat ini dikenal sebagai yang terbaik yang dipakai sebagai salah satu materi utnuk adonan parfum.

8. China/Tiongkok Dijuluki Negeri Tirai Bambu
Tiongkok mendapat julukan sebagai negeri tirai bambu yakni sebab negara Cina yakni negara yang berpaham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar.

9. Filipina Dijuluki Negeri Lumbung Padi
Filipina mendapat julukan negerilumbung padi sebab merupakan negara penghasil padi. Filipina yakni negara yang sebagian penduduknya bermatapencaharian sebagai seorang petani. Lahan pertanian yang sangat luas, pertaniannya juga banyak yang dilakukan dengan cara yang tradisional. 

10. Finlandia Dijuluki Negeri Seribu Danau
Finlandia mendapat julukan sebagai negeri seribu danau sebab mempunyai 187.888 danau dengan 60.000 diantaranya tergolong danau yang besar.

11. India Dijuluki Negeri Anak Benua
India mendapat julukan sebagai Anak Benua sebab sebagian besar negara di wilayah Asia Selatan lainnya mempunyai lempeng tektonik sendiri, yaitu Lempeng India, yang terpisah dari potongan Eurasia lain. 

12. Indonesia Dijuluki Negeri Zamrud Khatulistiwa
Indonesia mendapat julukan negeri Zamrud Khatulistiwa sebab negara Indonesia merupakan negera yang berada di garis katulistiwa yang mempunyai pemandangan yang sangat indah.

13. Inggris Dijuluki Black Country
Negara Inggris mendapat julukan Black Country sebab Udara di daerah tersebut selalu tampak hitam jawaban tertutup oleh asap-asap industri yang sangat banyak. Hal itu dikarenakan negara Inggris merupakan negara industri maju di dunia. Sektor industri menjadi sumber tulang punggung perekonomian negara tersebut. Pusat industri Inggris berada di Birmingham dan Sheffield.

14. Irak Dijuluki Negeri 1001 Malam
Sebutan ini berasal dari kisah seorang sultan di daratan Persia berjulukan Raja Syahriyar yang murka besar sebab mengetahui sang istri yang dicintainya selingkuh. Raja Syahriyar menghukum istri dan selingkuhannya dengan sanksi pancung. Kemudian mulai dari waktu itu, Raja Syahriar memerintahkan kepada Wazirnya (seorang perdana menteri) untuk mencarikan dirinya perempuan untuk dinikahi. Namun sesudah dinikahi kemudian pada esok sorenya akan dieksekusi pancung. Banyak perempuan yang kesannya menjadi korban, kemudian tanpa disangka putri Wazir yang berjulukan Syahrazad dengan tanpa paksaan meminta untuk menikah dengan sang Raja Syahriyar. Pada ketika malam pertama, Syahrazad bercerita kepada Raja Syahriyar dengan suatu kisah. Namun kisah itu tidak diselesaikannya ketika malam pertama itu. Ia menciptakan ceritanya bersambung atau menggantung. Raja Syahriyar yang merasa ingin tau pun, kesannya menunda sanksi pancung pun untuk istri barunya itu semoga sanggup mendengar kelanjutan dari kisah yang sebelymnya. Syahrazad selamat di malam pertama, namun di malam-malam berikutnya ia bercerita terus namunceritanya selalu berakhir bersambung atau menggantung. Cerita-cerita yang diperdengarkan Syahrazad kepada sang raja diantaranya yakni dongeng yang kita kenal ibarat Aladdin dan Lampu Wasiat, Abunawas, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba dan sebagainya. Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari sanksi pancung. Raja Syahriyar pun kesannya menentukan untuk menarik sanksi tersebut. Syahrazad pun tetap menjadi permaisuri yang dicintai sang Raja. Ia pun menjadi sosok yang dicintai rakyatnya, terutama para perempuan yang merasa selamat dari harapan sang raja yang menikahi seorang gadis kemudian memancungnya pada besok sore harinya.

15. Italia Dijuluki Negeri Sphagetti dan Negeri Pizza
Italia mendapat julukan negeri Sphagetti dan negeri Pizza sebab kedua masakan tersebut yakni masakan khas yang orisinil dari Italia. 

16. Jepang Dijuluki Negeri Matahari Terbit dan Negeri Sakura
Jepang mendapat julukan negeri matahari terbit atau Nippon. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk kepada kedudukan relatif Negara ini di pesisir lautan Pasifik di sebelah timur benua Asia. Lalu dijuluki sebagai negeri sakura sebab terdapat pohon sakura di Jepang.

17. Kamboja Dijuluki Neraka Dunia (Hell On Earth)
Kamboja mendapat julukan neraka dunia sebab pernah terjadi suatu kejadian mengerikan di negara tersebut. Pada simpulan tahun 1970, pernah terjadi kejadian pembantaian lebih dari dua juta jiwa rakyat Kamboja oleh rezim Khmer Merah. Pembunuhan massal tersebut memusnahkan para kaum intelektual dan beberapa yang lainnya. 

18. Korea Selatan Dijuluki Negeri Gingseng
Korea selatan mendapat julukan negeri gingseng sebab rakyat di negara ini terdapat budidaya gingseng dengan sangat intensif. Terdapat banyak sekali aneka gingseng yang dibudidayakan. Keberadaan gingseng atau dikenal dengan Insam ini begitu sangat familiar dengan kehidupan rakyat korea selatan.

19. Kuba Dijuluki Negeri Cerutu
Kuba mendapat julukan negeri cerutu sebab dikenal sebagai negara penghasil tembakau tebaik. Hal ini dikarenakan tumbuhan di Kuba (Havana) ini tumbuh di daerah yang berangin kencang. Sehinga hal itu mengakibatkan tumbuhan ini menjadi lebih besar lengan berkuasa dan tebal.

20. Malaysia Dijuluki Negeri Jiran (Hanya bagi Indonesia)
Malaysia mendapat julukan negeri sebab letaknya yang bersebalahan dengan Indonesia. Letaknya yang berbatasan lansung dengan Indonesia di sebelah utara. Tepatnya yakni berbatasan dengan pulau Kalimantan. Kata jiran tersendiri yakni berarti negara tetanngga atau negara bersahabat bersebelahan. 

21. Mesir dijukuki The Gift Of Nile, Negeri Fir'aun, Negeri Piramida
Mesir mendapat julukan The Gift Of Nile dikarenakan peranan sungai Nil begitu penting bagi lahirnya kehidupan masyarakat di lembah sungai tersebut. Julukan Mesir sebagai negeri Fir'aun sebab negara ini dahulu pemimpinnya dinamakan Fir'aun, seorang raja yang sangat bekuasa menyeluruh di penjuru Mesir. Lalu disebut sebagai negeri piramida, sebab di negeri ini ditemukan peninggalan piramida yang begitu besar dan sangat megah.

22. Myanmar Dijuluki Negeri Tanah Emas
Myanmar mendapat julukan negeri tanah emas sebab Myanmar merupakan salah satu negara yang kaya akan hasil tambang ibarat minyak, gas alam, timah, perak dan lain sebagainya. 

23. Nepal Dijuluki Negeri Atap Dunia Dan Seribu Kuil
Nepal dijuluki sebagai atap dunia, sebab daerah di negara Nepal merupakan dataran tertinggi di bumi yaitu di pegunungan himalaya. Dataran ini mempunyai ketinggian rata-rata 4.900 meter (16.000 kaki), termasuk dua puncak tertinggi, yakni Everest dan K2. Lalu dijuluki sebagai negeri seribu kuil, sebab banyaknya kuil yang berada di negara ini.

24. Perancis Dijuluki Kota Mode
Perancis mendapat julukan negeri kota mode sebab di negara ini mempunyai sejarah sebagai sentra seni dan mode. Di negara perancis ini juga menjadi tempat banyak sekali rumah mode yang terkemuka dan bergengsi di dunia. Sebutan kota mode ini sebetulnya tersematkan untuk ibukota negara ini, yaitu kota Paris sendiri. Sebuah kota yang menjadi sentra banyak sekali mode pakaian di dunia.

25. Rusia Dijuluki Negeri Beruang Merah
Rusia mendapat julukan negeri beruang merah sebab menggambarkan Rusia pada periode komunisme dahulu kala ketika masih dalam Uni Soviet. Julukan beruang merah ini sebagai bentuk penggambaran orang-orang Rusia yang dinilai mempunyai kemiripan dengan beruang, yakni besar, bergairah dan menyeramkan lawannya. Sedangkan warna merah yakni simbol warna dari komunisme, ideologi yang pernah dianut oleh Rusia.

26. Selandia Baru Dijuluki Negeri Kiwi
Selandia Baru Mendapatkan julukan negeri kiwi sebab di negara ini terdapat satu fauna yang khas, yaitu Burung kiwi. Burung Kiwi sendiri yakni salah satu burung yang tidak bisa terbang. Burung Kiwi mempunyai daerah persebaran secara alami yang terbatas hanya di negara Selandia Baru. Burung ini terdapat dalam tiga spesies, yaitu Apteryx Australis, Apteryx Oweni dan Apteryx Haasti. Apteryx australis terdapat di tiga pulau utama Selandia Baru, Apteryx oweni dan Apteryx haasti hanya terdapat di pulau Selatan saja.

27. Singapura Dijuluki Negeri Seribu Satu Larangan
Singapura mendapat julukan negeri Seribu Satu Larangan sebab mempunyai banyak peraturan berupa larangan-larangan. Berbagai larangan ini bisa menjadikan negara Singapura menjadi negara yang sangat tertib dan kondusif. Negara ini pun menjadi negara yang begitu higienis dan sangat maju. Peraturan-peraturan dijalankan dengan sangat ketat sehingga warganya menjadi masyarakat yang taat hukum. Hal ini mendukung perkembangan Singapura yang cepat dalam kemajuannya.

28. Spanyol Dijuluki Negeri Matador
Spanyol mendapat julukan negeri matador sebab di negara tersebut sering diadakan sebuah pertunjukkan yang menampilkan sebuah pertarungan antara insan melawan banteng. Pertunjukan itu dikenal dengan matador. Manusia yang berperan bermain dan melawan para banteng itu dinamakan torero.

29. Taiwan Dijuluki Naga Kecil Asia
Taiwan mendapat julukan negeri naga kecil asia sebab mempunyai kekuatan ekonomi yang besar. Pertumbuhan ekonomi di taiwan ini sangat tinggi dan industrialisasi di banyak sekali sekotr berlangsung dengan sangat cepat. Hingga termasuk negara berkekuatan ekonomi yang besar di tempat negara-negara Asia walaupun hanyalah sebagai negara yang kecil. 

30. Thailand Dijuluki Negeri Gajah Putih dan Negeri Seribu Pagoda
Thailand mendapat julukan negeri gajah putih sebab mempunyai spesies binatang gajah putih endemik di Thailand. Lalu dijuluki sebagai negeri seribu pagoda sebab di Thailand terdapat banyak sekali pagoda.

31. Uganda Dijuluki Mutiara Afrika
Uganda mendapat julukan negeri mutiara afrika sebab mempunyai keindahan alam yang beraneka ragam. Negeri yang mempunyai iklim torpis ini di dalamnya terdapat banyak tumbuhan dan fauna. Terdapat hewan-hewan ibarat singa, gajah, kuda nil, macan tutul dan lain-lain. Julukan Mutiara Afrika ini diberikan oleh Sir Winston Leonard Spencer Churchill. Ia yakni tokoh politik dan pengarang dari Inggris yang paling dikenal sebagai Perdana Menteri Britania Raya ketika Perang Dunia Kedua.

32. Yunani Dijuluki Negeri Para Dewa
Yunani mendapat julukan negeri para yang kuasa sebab pada zaman dahulu rakyatnya dikenal sebagai masyarakat yang memuja dan mempunyai banyak yang kuasa dan dewi.