Soal Uas / Ukk Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd Semester 2 Dan Kunci Jawaban


Judul : Soal Uas / Ukk Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd Semester 2 Dan Kunci Jawaban
link : Soal Uas / Ukk Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd Semester 2 Dan Kunci Jawaban


Soal Uas / Ukk Bahasa Indonesia Kelas 5 Sd Semester 2 Dan Kunci Jawaban

 Kalimat yang sempurna ketika mengawali pembicaraan di telepon ialah  Soal UAS / UKK Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Dan Kunci Jawaban


A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Kalimat yang sempurna ketika mengawali pembicaraan di telepon ialah ...
a. “Terima kasih telah menelepon.”
b. “Selamat pagi, sanggup bicara dengan Andi?”
c. “Hai bagaimana kabarnya?”
d. “Dimana rumah kamu?“

2. "Halo, selamat malam rani."
“.......”
Kalimat yang sempurna untuk menjawab percakapan telepon diatas ialah adalah ....
a. "Maaf ini sudah tengah malam!"
b. "Selamat malam! iya,kabarku baik!"
c. "Iya selamat malam juga."
d. "Rumah saya di Semarang."

3. Riko : “Andi! Dasar kau itu orang miskin.”
Roni : “Ko, jangan bentak-bentak beliau ibarat itu.”
Riko : “Biarlah, memang beliau pantas dibentak.”
Andi : “Maafkan saya kalau salah.”

Watak Riko dalam kutipan percakapan diatas ialah ....
a. Pemaaf
b. Peduli
c. Ramah
d. Kasar

4. Karya sastra yang dipentaskan di atas panggung melalui obrolan atau gerak disebut ....
a. Puisi
b. Pantun
c. Drama
c. Pidato

5. Jalannya dongeng dalam drama disebut ....
a. Alur
b. Latar
c. Setting
d. Watak

Bagas : "Kawan-kawan, besok ketika liburan mau kemana?"
Doni : “Aku ingin ke pantai bersama keluarga.”
Sinta : “Kalau saya ingin pergi ke rumah kakekku di kampung.”
Bagas : “Kalau kau Susi ?”
Susi : “Aku tidak sanggup kemana-mana, sebab harus membantu ibu menjaga kakek yang masih sakit.”
Sinta : “Kakekmu sakit apa Sus?”
Susi : “Kakek sakit jantung, saya sedih melihatnya.”

6. Dialog diatas membicarakan ....
a. Rencana menjenguk kakek Susi
b. Rencana membantu kakek Susi
c. Rencana mengajak Susi liburan
d. Rencana liburan yang akan datang

7. Dalam obrolan di atas perasaan yang dirasakan oleh Susi menggambarkan ....
a. Ketakutan
b. Kegembiraan
c. Kesedihan
d. Terkejut

8. “Selamat pagi para pendengar setia! Berita pagi ini diawali oleh informasi seorang anak Indonesia yang berhasil mendapat gelar juara di lomba robot di Inggris.”
Penyiar tersebut berbicara melalui ....
a. Internet
b. Telepon
c. Radio
d. Televisi

9. Bu Ani : "Bu Dini, apakah kau tahu toko seragam sekolah di erat sini?”
Bu Dini : "Ya, tentu! Itu bu, di ujung jalan raya ini."
Bu Rina : “Mau beli seragam buat siapa Buk?
Bu Ani : “Mau beli untuk Riki Buk, bajunya kemarin sobek sebab jatug dari sepeda.”
Bu Dini : “Wah disana bagus-bagus lho buk bajunya, harganya juga terjangkau.”
Bu Ani : “Terima kasih buk, atas informasinya.”

Tema dari percakapan diatas ialah ....
a. Seragam yang robek
b. Seragam gres anak Bu Dini
b. Toko mainan yang murah
d. Toko seragam sekolah

10. Aku merasa sangat .... sebab teman-teman mau tiba pada perayaan ulang tahunku.
Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat di atas ialah ....
a. Gelisah
b. Sedih
c. Prihatin
d. Bahagia

11. Perintah, nasihat, permintaan atau amanat yang disampaikan lewat orang lain dinamakan ....
a. Hadiah
b. Pesan
c. Berita
d. Pengumuman

12.  Rina ialah anak yang rajin .... Doni ialah anak yang pemalas.
Kata sambung yang sempurna untuk kalimat tersebut ialah ....
a. Atau
b. Walaupun
c. Sedangkan
d. Meskipun

13. Andi suka membaca buku
Andi menjadi berpengetahuan luas
Penggabungan dua kalimat diatas yang sempurna ialah ....
a. Andi suka membaca buku meskipun ia menjadi berpengetahuan luas.
b. Andi suka membaca buku sehingga ia menjadi berpengetahuan luas.
c. Andi menjadi berpengetahuan luas sehingga ia suka membaca buku.
d. Andi suka menbaca buku dan ia suka berpengetahuan luas.

14. Lembar pengumuman, berita, atau usul yang dilengkapi dengan gambar-gambar menarik untuk menarik seseorang untuk melihatnya dinamakan ....
a. Undangan
b. Iklan
c. Perangko
d. Resep

Bacaan untuk soal nomer 15 - 17
Ketika bermain sepeda ke sawah bersama teman-teman. Andi begitu semangat di antara teman-temannya yang lain. Ia mengayuh sepeda dengan cepat. Hingga jadinya Andi tidak melihat kalau ada lubang di jalan. Andi pun jadinya terjatuh sebab tidak sanggup menghindar. Kakinya jadinya sedikit lecet, dan ia menangis sebab merasa sakit.

15. Cerita di atas merupakan pengalaman yang ....
a. Mengejutkan
b. Menyenangkan
c. Menggembirakan
d. Menyedihkan

16. Amanat yang disampaikan dari dongeng di atas ialah ...
a. Kita harus bersepeda dengan cepat
b. Kita dihentikan bersepeda sendirian
c. Kita harus berhati-hati ketika bersepeda
d. Kita dihentikan balapan bersepeda

17. Rina : "Sinta, tolong sampaikan kepada Sila bahwa saya tidak sanggup menghadiri   perayaan ulang tahunnya sebab sakit. Kaprikornus saya titip kadonya saja."
Sinta : "Iya, Rin. Semoga cepat sembuh ya"
Isi pesan yang disampaikan Rina ialah ....
a. Sinta akan menawarkan hadiah besar kepada Sil.
b. Rina akan menghadiri perayaan ulang tahun agak terlambat sebab sakit.
c. Rina tidak sanggup menghadiri perayaan ulang tahun sebab sakit.
d. Sila mendapat salam dari Rina yang sedang sakit.

18. Dalam waktu yang sudah ..., kau seharusnya dihentikan bermain di luar sebab hal itu berbahaya. Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut ialah ....
a. terlalu pagi
b. Sangat siang
c. Turun senja
d. Tengah malam

19. Toni ialah anak yang baik. Ia begitu peduli ketika ada temannya yang kesusahan.
Antonim dari kata peduli ialah ....
a. Perhatian
b. Pengorbanan
c. Acuh
d. Benci

20. “Aku kini sedang berada di rumah Iwan”
Kalimat tersebut merupakan tanggapan yang sempurna untuk kalimat tanya ....
a. Di mana rumahmu?
b. Bagaimana keadaanmu sekarang?
c. Kemana beliau pergi sekarang?
d. Dimana kau sekarang?

21. Kancil : "Hai siput, lihat diriku. Aku begitu cepat berlari.”
Siput : “Iya saya mengerti.”
Kancil : "Tidak ada hewan disini yang larinya secepat diriku.”
Siput : “Itu ada rusa, beliau juga cepat larinya.”
Kancil : “Ah masih cepat aku, beliau tidak apa-apanya dibanding aku.”

Bagaimana sifat kancil dalam kepingan drama tersebut ....
a. Rendah diri
b. Besar kepala
c. Keras kepala
d. Panjang kaki

22. (1) Kemudian bersihkan lubangnya dari rumput-rumput.
(2) Masukkan tangkai bunga mawar ke dalam lubang.
(3) Mula-mula buatlah lubang di tanah dengan cangkul.
(4) Siapkan tangkai bunga mawar yang ingin di tanam
(5) Ratakan tanah untuk menutupi lubang
(6) Berilah air secukupnya sehabis tanah diratakan

Urutan aktivitas yang benar ialah ....
a. (4) – (1) – (5) – (2) – (3) – (6)
b. (4) – (3) – (1) – (2) – (5) – (6)
c. (3) – (4) – (1) – (2) – (5) – (6)
d. (4) – (3) – (1) – (6) – (2) – (5)

23. Pak tani begitu bekerja keras. ia nampak bermandikan keringat dibawah terik matahari.
Arti kata bermandikan ialah ....
a. Menyiram tubuhnya dengan
b. Mengeluarkan banyak
c. Membasahi tubuhnya dengan
d. Mandi di sumur sawah

24. Kata yang mengandung imbuhan di- ialah ....
a. Di kebun
b. Di kantor
c. Di rumah
d. Dimarahi

25. Tokoh yang berperan untuk melengkapi tugas tokoh utama dalam dongeng dinamakan ...
a. Tokoh antgonis
b. Tokoh protagonis
c. Tokoh figuran
d. Tokoh pemeran

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
-> Link Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Dilengkapi Kunci Jawaban 

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Percakapan dua orang atau lebih dalam drama dinamakan ....
2. Drama yang ceritanya lucu dinamakan drama ....
3. Antonim kata bekerja ialah ....
4. Sinonim dari kata modern ialah ....
5. Anak yang mendeklamasikan puisi itu ... ..wajahnya sangat elok .
6. Tempat dan waktu peristiwa dalam drama dinamakan ....
7. Penulisan kata berimbuhan harus di....
8. Pesan yang disampaikan dalam dongeng dinamakan ....
9. Tokoh baik dalam drama dinamakan .... T
10. Membaca sekilah juga dinamakan sebagai ....

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Sebutkan jenis-jenis drama!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebutkan unsur-unsur intrinsik drama!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Sebutkan  5 pola kata berimbuhan ter-?
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4. Jelaskan tokoh-tokoh dalam sebuah cerita!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5. Buatlah puisi perihal jasa seorang guru!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
-> Link Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Dilengkapi Kunci Jawaban 

Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan pribadi ternilai secara online, silahkan dicoba :

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 2
BAHASA INDONESIA KELAS 5 SD

A. JAWABAN
1. b. “Selamat pagi, sanggup bicara dengan Andi?”
2. c. "Iya selamat malam juga."
3. d. Kasar
4. c. Drama
5. a. Alur
6. d. Rencana liburan yang akan datang
7. c. Kesedihan
8. c. Radio
9. d. Toko seragam sekolah
10. d. Bahagia
11. b. Pesan
12. c. Sedangkan
13. b. Andi suka membaca buku sehingga ia menjadi berpengetahuan luas.
14. b. Iklan
15. c. Menyedihkan
16. c. Kita harus berhati-hati ketika bersepeda
17. c. Rina tidak sanggup menghadiri perayaan ulang tahun sebab sakit.
18. d. Tengah malam
19. c. Acuh
20. d. Dimana kau sekarang?
21. b. Besar kepala
22. b. (4) – (3) – (1) – (2) – (5) – (6)
23. b. Mengeluarkan banyak
24. d. Dimarahi
25. b. Tokoh figuran

B. JAWABAN
1. Dialog
2. Drama Komedi
3. Menganggur
4. Maju
5. Ekspresi
6. Latar
7. Sambung
8. Amanat
9. Tokoh Protagonis
10. Skimming

(Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya : Link Download Soal UAS Bahasa Indonesia Kelas 5 SD Semester 2 Dan Kunci Jawaban)

C. JAWABAN
1. Jenis-jenis drama ialah sebagai berikut :
- Drama komedi
- Drama misteri
- Drama tragedi
- Drama horor

2. Unsur-unsur intrinsik drama ialah sebagai berikut :
- Tema
- Tokoh
- Watak
- Latar
- Amanat
- Alur

3. 5 Contoh kata berimbuhan ter- :
- terjatuh
- tertimpa
- terpandai
- terpintar
- tertangkap

4. Tokoh-tokoh dalam sebuah dongeng :
- Tokoh protagonis yaitu tokoh yang mempunyai sifat baik dalam cerita
- tokoh antagonis yaitu tokoh yang mempunyai sifat jahat dalam cerita
- tokoh utama yaitu tokoh yang mempunyai kedudukan paling penting dalam cerita.
- tokoh pembantu yaitu tokoh yang berperan sebagai embel-embel dalam mendukung tokoh utama.

5. Puisi perihal jasa guru :

Guruku
Engkaulah satria bangsa
Engkau mengajar kami semua
Mengajarkan menulis dan membaca
Hingga kami sanggup mengenal dunia

Guruku
Engkaulah penerang dunia
Engkau sinari kami dengan cahaya ilmumu
Membuat jalan kami cerah kedepan
Membuat kami merasa punya harapan